Kembangkan Potensi dan Wawasan, MUHI gelar “Outing Class” ke Jatim

Siswa dikumpulkan di Pendhopo di Museum Majapahit

Kegiatan pembelajaran di dalam kelas tentunya sudah terlalu biasa dilakukan oleh beberapa sekolah. Untuk mengembangkan wawasan dan potensi siswa, SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar  menggelar acara Outing Class ke Jawa Timur, Rabu (15/06/2022). Acara ini diikuti oleh semua siswa kelas X dan guru pendamping terkait. Acara ini menyasar tiga tujuan, yakni Museum Trowulan Majapahit, Masjid Agung Al Akbar Surabaya dan Cimory Daily Land di Pandaan.

Perjalanan dimulai sekitar jam 05.00 pagi dengan titik kumpul di Hall SMA. Kegiatan yang bersifat wajib ini menggunakan 10 Bus untuk membawa skitar 450 siwa. Tentunya tidak hanya untuk sekedar healing saja, siswa juga dibebankan dengan tugas yang harus dikerjakan ketika berada di lokasi. Sekitar 4 jam perjalanan via jalan Tol, akhirnya sampailah pada lokasi pertama. Awalnya, siswa dikumpulkan di lobby Museum dan dibawa masuk ke pendopo. Mereka mendapatkan informasi seputar Museum dan peninggalan mengenai Majapahit yang berada di Museum tersebut.

Setelah mendapatkan penjelasan, siswa dibebaskan untuk berkeliling di sekitar Museum Trowulan tersebut. Ada beberapa peninggalan, namun  yang menjadi perhatian adalah ekskavasi tempat tinggal masyarakat di wilayah Majapahit. Ikon unik wilayah tempat tinggal ini adalah penggunaan batu bata merah untuk membuat pondasi rumah. Selain itu, batu bata merah itu ada juga yang diukir dengan makna tertentu. Inilah yang menjadi tujuan dari acara ini agar siswa bertambah wawasan dan informasinya mengenai Kerajaan Hindu-Budha terbesar di Indonesia.

Setelah sekitar 1 jam berkeliling dan eksplorasi wilayah tersebut, siswa berjalan bersama-sama menuju Masjid Al Akbar Surabaya. Ikon Masjid si Surabaya ini menjadi lokasi ISHOMA bagi siswa dan guru pendamping selama perjalanan. Pasca di lokasi tersebut, rombongan menuju lokasi terakhir sekaligus wisata berbelanja di Pandaan. Fenomena alam yang dikelilingi pegunungan menjadi nilai plus Cimory Daily Land di Pandaan. Para siswa dimanjakan oleh dinginnya suasana pegunungan dan koleksi Sapi Perah di Cimory. Kondisi pegununga di belakang Cimory juga menjadi ajang swafoto bagi pengunjung lokasi tersebut.

Sekiranya lebih dari dua jam, akhirnya mega rombongan tersebut kembali ke karanganyar. Tentunya, mampir dulu untuk isi amunisi di sekitar Nganjuk dan solat berjamaah. Sekitar jam 22.30, rombongan akhirnya sampai di Karanganyar.

Penulis : Aswab Nanda Prattama