PMR Wira SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Gelar Diklat untuk Anggotanya

Sebagai upaya untuk menambah keilmuwan dan wawasan, mengenai relawan, Palang Merah Remaja (PMR) Wira SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar menggelar acara pendidikan dan latihan (Diklat) bagi anggotanya.

Diklat yang diselenggarakan oleh PMR Wira ini mengambil tema “Menumbukan Solidaritas Dalam Jiwa Relawan”. Siswa dan siswi yang baru bergabung dalam organisasi tersebut ditempa selama dua hari dari 18 hingga 19 Januari 2020 di ruang Multi besar dan halaman SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar.

Panitia yang merupakan Siswa-siswi kelas XI berharap adek kelas yang baru menjajaki organisasi ini mampu meneruskan perjuangan dari PMR Wira. Selain itu, sebanyak 23 anggota PMR Wira terdaftar dalam acara diklat tersebut. Mereka akan menerima materi dan ilmu tambahan oleh pembicara-pembicara yang berkompeten pada bidangnya.

Acara diklat dibuka pada Sabtu (18/01/20120) pagi dan dihadari oleh Bapak Ariyanto selaku PMI Karanganayar. Dalam sambutannya, beliau menekankan pembinaan dan mengembangan PMR harus senantiasa selalu ditingkatkan.

“Ke depannya kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) harus ditingkatkan agar menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Selain itu, Ariyanto juga memberikan gambaran kepada anggota PMR Wira untuk segera menyiapkan diri sebaik mungkin dalam Olympiade PMR pada bulan Maret 2020 yang sebentar lagi akan digelar. Tak hanya itu saja, perwakilan dari PMI ini juga mendukung serta mengapresiasi akan adanya diklat semacam ini.

“Saya pikir, acara semacam ini sangat bagus dan bisa menjadi motivasi bagi sekolah lain untuk mengadakan acara yang serupa”, tambahnya.

Senada dengan PMI, perwakilan dari SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar juga menyampaikan gambaran serupa. Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan, Bapak Supriyanto, S.Pd melalui pidatonya menekankan PMR Wira harus bersikap berani.

“Petugas PMR harus wajib siaga dan berani berkorban”, ungkapnya.

Pada akhir sambutanya, dia mengingatkan kepada peserta diklat untuk tetap menjalankan kegiatan, ibadah dan kebersihan untuk membawa perubahan pada sekolah ini. Setelah upacara pembukaan selesai, para peserta mengikuti prosesi acara yang dikemas begitu menarik dari panitia.

Peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan mengenai dunia relawan saja, mereka juga diajak berdiskusi agar kedekatan antar anggota semakin baik lagi.

 

#SKSberkompetisi meraih prestasi
#SMAmajubersamahebatsemua
#SMAMUH1KRAmajumajumajuluarbiasa

Penulis : Aswab Nanda Prattama, S.S